Berkaca dari kejadian tersebut, kita dapat melihat bahwa penggunaan personal identification number atau PIN merupakan salah satu fitur penting untuk menjaga keamanan transaksi. PIN berfungsi layaknya sebuah kunci, yang dapat menjadi sistem keamanan dalam bertransaksi e-banking. Sehingga nomor PIN perlu dijaga kerahasiaannya. Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan satu jenis layanan e-banking yang menggunakan Personal Indentification Number (PIN).
Sejak awal 2009, sebenarnya BCA sudah melakukan tindakan antisipasi pengintipan PIN dengan memasang PIN pad cover untuk menutupi tangan nasabah saat menginput PIN di mesin ATM dan mesin EDC, anti-skimmer dan jitter di mesin ATM untuk menjamin keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. Namun perkembangan teknologi keamanan selalu berkejaran dengan perkembangan modus kejahatan.
Dan sebagai bentuk kepedulian BCA kepada nasabahnya maka apabila kejahatan pencurian data kartu ATM tetap terjadi dan menimbulkan kerugian terhadap nasabah, BCA akan mengganti dana nasabah.
Tetapi, tindakan pencegahan yang dilakukan BCA tersebut tidak akan optimal apabila nasabah tidak ikut melakukan tindakan atau upaya pencegahan yang sama . Melalui situs www.bca.co.id ada tips yang mungkin dapat diikuti untuk menjaga keamanan PIN kartu ATM/Debet, antara lain:
• Tidak memberitahukan nomor PIN ATM Anda kepada siapapun!
• Hindari mencatat PIN ATM di mana pun apalagi menyimpan dalam dompet
• Usahakan orang lain tidak dapat melihat PIN ATM Anda saat memasukkan PIN ke ATM atau EDC BCA dengan cara menutupi PIN Anda.
• Jangan membuat PIN ATM yang mudah ditebak, misalnya tanggal lahir, nomor telepon, plat nomor kendaraan, dll
• Mengganti PIN ATM secara berkala. Misalnya, sebulan sekali dengan angka-angka yang unik dan sulit ditebak.
• Waspada upaya penipuan dari oknum yang mengaku sebagai petugas bank/petugas BCA via telepon, faks atau email yang menanyakan data pribadi, termasuk nomor PIN ATM.
• Jika benar-benar lupa nomor PIN ATM, segera ke cabang BCA terdekat untuk mendapatkan penggantian kartu Paspor BCA yang baru
• Jangan meninggalkan mesin ATM sebelum transaksi betul-betul selesai dilakukan (kembali ke menu awal), pastikan kartu ATM/Debet Anda tidak tertinggal di mesin ATM atau mesin EDC.
• Apabila kartu Paspor BCA Anda hilang atau tertinggal di mesin ATM BCA, segera hubungi Halo BCA di 500888 atau melalui GSM (021) 500888.
{ 0 comments... read them below or add one }
Post a Comment